Home » » Sejarah Khalifah Walid Bin Abdul Malik

Sejarah Khalifah Walid Bin Abdul Malik

Assalamualaikum

Kembali lagi bersama blogwalking yang tentunya sobat blogger semua "wajib berkunjung"  kesini, karena apa?  karena silaturahmi itu bisa memanjangkan umur, dan memudahkan rizki, betul begitu bukan?

Nah, dalam postingan kali ini, blogwalking  memposting sebuah sejarah, tentang  tokoh-tokoh Islam dari kalangan para khalifah. Bagi kita semua, terutama kaum Muslim,  selayaknya harus mengetahui bagaimana sejarah kaum Muslim.

Sebagai warga negara Indonesia yang berjumlah penduduk Muslim terbesar di dunia, melebihi asal dimana Nabi Muhammad mendakwahkan Agama Islam, yaitu tanah Arab. Dan buat kamu semua para blogger Muslim mania, yuk kita baca sejarah seorang khalifah yang sangat luar biasa ini.
Namun, bagi sobat semua.. yang ingin menyimpan file ini daripada susah2 mengcopy, mending langsung aja deh di download dengan menekan tombol download di bawah ya sob.


Seri           : Sejarah Para Khalifah Bani Umayyah
Nama        : Walid Bin Abdul Malik
Masa         : 86-97 H / 705-715 M

SEJARAH KHALIFAH BANI UMAYYAH
WALID BIN ABDUL MALIK

Biografi Walid bin Abdul Malik

Nama lengkapnya adalah Walid bin Abdul Malik bin Marwan.Dilahirkan pada tahun 50 H.Tetapi pendidikan tentang bahasa arabnya sangat lemah,sehingga beliau berbicara kurang fasih.Menurut riwayat ayahnya,Abdul Malik bin Marwan pernah berkata:”Cinta kasih kami membahayakan dirinya,sebab kami tidak mau mengirimkanya ke padang pasir”.Padahal padang pasir adalah sekolah yang terbaik bagi orang-orang yang ingin mempelajari Bahasa Arab yang fasih jauh dari cacat-cacat yang biasa terdapat dalam bahasa orang-orang di kota,yang disebabkan karena pergaulan bangsa Arab dengan bangsa-bangsa asing.

Tetapi ayahnya tidak membiarkan Al- Walid dengan kecacatan itu,bahkan dengan tegas beliau berkata kepada anaknya:”Yang dapat memimpin bangsa Arab hanyalah orang yang baik bahasanya”,sebab itu Al- Walid lalu mengumpulkan ulama-ulama nahwu,lalu beliau belajar kepada mereka dengan rajinnya.

Khalifah Marwan ibnul Hakam dulunya telah mengangkat dua orang putranya sebagai putra mahkota yang akan menggantikannya menjadi khalifah berturut-turut,yaitu Abdul Malik dan Abdul Aziz (meninggal sebelum wafat Abdul Malik). Maka Abdul Malik lalu menunjuk dua orang putranya juga,yaitu Al- Walid,kemudian Sulaiman.Ini terjadi pada tahun 85 H.Beliau mengirimkan surat ke daerah-daerah,menerangkan hal itu.Maka rakyat tidak keberatan untuk memberikan ba’iat dan sumpah setia.Sesudah wafat Abdul Malik,rakyat mengulangi sekali lagi bai’at sumpah setia mereka kepada Al- Walid.

Setelah kematian ayahnya (Abdul Malik),Al- Walid menduduki tahta kerajaan Damaskus pada tahun 86 H/ 705 M.Memerintah selama sepuluh tahun lamanya (86 – 96 H/ 705- 714 M).

Pembangunan dan Kondisi Negara di masa Walid bin Abdul Malik

Masa kekuasaaan Walid bin Abdul Malik yang disebut- sebut sebagai masa kemenangan yang luas.Pengepungan yang gagal atas kota Konstantinopel di masa Muawiyah bin Abu Sofyan,dihidupkan kembali dengan memberikan pukulan-pukulan yang cukup kuat.Walaupun cita-cita untuk menundukkan ibu kota Romawi tetap saja belum berhasil,tetapi tindakan itu sedikit banyak berhasil menggeser tapal batas pertahanan islam lebih jauh ke depan,dengan menguasai basis-basis militer Kerajaan Romawi di Mar’asy dan ‘Amuriyah.

Perbaikan- perbaikan dalam negeri dengan karya-karya besar Al- Walid diantaranya adalah:
1.Mendirikan gedung-gedung,bangunan-bangunan dan pabrik-pabrik.
2.Mengumpulkan dan menyantuni fakir miskin dan anak-anak yatim piatu serta mendirikan banyak sekolah serta para pendidik dengan jaminan hidup dan gaji yang teratur.
3.Mendirikan rumah sakit khusus dan jaminan hidup kepada rakyatnya yang kurang beruntung (orang buta,orang cacat,orang yang berpenyakit kusta,dan orang lumpuh) serta pelayan atau perawat khusus untuk merawat dan mengurusi mereka dengan perawatan yang sesuai syarat- syarat kesehatan,dimana para perawat mendapatkan gaji tertentu.


4.Membangun jalan-jalan raya di seluruh kerajaan,terutama jalan yang menuju ke tanah Hejaz
.5.Membuat sumur-sumur di sepanjang jalan dan pegawai-pegawai yang bertugas mengurusi sumur-sumur ini dan menyediakan air kepada para kafilah yang melewati jalan ini.
6.Membangun Masjid Jami’ Damaskus dengan arsitektur yang indah dan selesai diakhir masa pemerintahannya selama 10 tahun.
7.Membangun kembali dan memperluas Masjid Nabawi di Madinah oleh gubernur Madinah,Umar ibnu Abdil Aziz.Dibongkar dan dibangun kembali dengan menperluas serta menggabungkan bekas dari kamar-kamar istri-istri Rasulullah.


8.Membangun masjid di setiap kota,semisal Masjid Aksa di Yerussalam.
9.Al- Qur’an dan Hadits dipelajari dengan penuh perhatian,baik di Kufah maupun di Basrah.
10.Perdagangan tumbuh dengan pesat,khalifah sendiri mengunjungi pasar-pasar.
11.Mengembangkan manufaktur dan desain.

Selain perbaikan dan pembangunan yang dilakukan diatas yang maju,kondisi negara yang aman saat beliau memerintah juga sangat stabil di seluruh negeri,karena khawarij tidak memiliki gigi pergerakan dan tidak ada pemberontakan di masa pemerintahannya.Masa pemerintahannya selama 10 tahun sangat sejahtera,aman,dan stabil.Masa pemerintahan Al- Walid pada umumnya dapat disebut masa kemakmuran,keamanan,kedamaian,dan ketentraman.Dengan adanya kekayaan dan kesatuan bulat,terutama keteguhan iman Al-Walid.

Penaklukan dan Perluasan Wilayah di masa Walid bin Abdul Malik

Pada masa pemerintahannya terjadi penaklukan yang demikian luas.Penaklukan ini meliputi banyak kawasan,diantaranya:
Kawasan Barat
Panglima pasukan Islam Maslamah bin Abdul Malik sampai di daerah Amuriyah (dekat Ankara) dan Hiraqlah salah satu wilayah Romawi,lalu berhasil menaklukannya pada tahun 89 H / 707 M.Kaum muslimin berhasil mencapai Teluk Konstantinopel.Mereka juga menyerang Azarbaijan yang penduduknya selalu melanggar kesepakatan yang mereka lakukan.Di kawasan ini terjadi banyak peperangan pada tahun 93 H/711 M.

Laut Tengah
Pasukan Islam berhasil menaklukan kepulauan Sisilia dan Merovits pada tahun 89 H / 707 M.

Afrika.
Musa bin Nushair diangkat menjadi gubernur di pantai Laut Tengah hingga ke selatan Mesir.Beliau melakukan beberapa penaklukan besar di Barat. Beliau mengalahkan Bangsa Barbar dan menyebarkan agama islam yang banyak menimbulkan kesulitan kepada para pendahulunya dan mendirikan kembali kekuasaan khalifah hingga ke tepi Lautan Atlantik.Beliau mengirim beberapa ekspedisi untuk melawan Bangsa Romawi yang menimbulkan kerusuhan terhadap umat islam di Laut Tengah,dengan bantuan armada laut,merebut pulau Ivika ,Minorca,dan Majorca,dekat Pantai Spanyol.

Penaklukan Andalusia.
Panglima kaum muslimin Musa bin Nushair bertekad untuk menyeberangi selat yang memisahkan Benua Afrika dan Eropa.Tujuannya untuk menyebarkan islam di Eropa dan memasukannya menjadi bagian dari pemerintahan islam.Maka,Beliau memberangkatkan panglima islam asal Barbar yang bernama Thariq bin Ziyad ke Andalusia melalui Laut Merah dengan 7000 tentara merebut benteng yang kemudian dinamai Jabal Al-Thariq.Beliau menyerbu dan mengalahkan Roderic di tepi Sungai Guadalete dekat Medinia-Sidonia pada bulan September 93 H/711 M.Dalam pelariannya Roderic tenggelam di Sungai Guadalete.Setelah itu Thariq bin Ziyad merebut Sidonia,Carmona dan Granada.Setelah Kordoba di taklukan Beliau menuju Toledo,ibukota Spanyol dalam waktu singkat sebagian besar wilayah Spanyol tunduk akan kekuasaan islam.

Di antara perang yang paling terkenal adalah Perang Lembah Langkah dimana Beliau berhasil mengalahkan Goth dan membunuh Raja mereka,Ludzrig.Andalusia berhasil di taklukan pada tahun 92 H/710 M.Kemudian Thariq bin Ziyad dan Musa bin Nushair sampai di Pegunungan Baranes dan berhasil menaklukan semua wilayah itu kecuali Jaliqiyah.

Kawasan Timur Kawasan Asia tengah
Qutaibah bin Muslim al-Bahili berhasil menaklukan kota Tashkent pada tahun 87 H/705 M.Masyarakat di daerah ini selalu menimbulkan kesulitan bagi orang Islam dengan melakukan pemberontakan.Untuk mengakhiri kerusuhan ini,Hajjaj bin Yusuf memecat Yazid bin Muhallab yang gagal menundukkan mereka,dan diganti oleh Qutaibah bin Muslim.Ternyata Beliau orang yang tepat dalam memangku tugas yang dipercayakan kepadanya.Beliau membawa seluruh Asia Tengah ke dalam kekuasaan Islam.

Pertama kali menyerbu Balkh dan Turkaristan pada tahun 88 H/706 M.Raja dari tempat ini tunduk kepadanya dan setuju membayar upeti kepada khalifah.Beliau menyerang negeri Saghd,Nasef,dan Kush pada tahun 89 H/707 M.Qutaiba bin Muslim berhasil menaklukan Bukhara pada tahun 91 H / 709 M,kemudian menyeberangi Sungai Oksus dan menyerbu Kawarisma.Mendengar kabar bahwa Samarkand telah melepaskan diri dari kekuasaan islam maka Qutaibah bin Muslim beserta pasukannya memerangi dan merebut kota ini pada tahun 93 H/711 M.Dan ini berlanjut hingga dua atau tiga tahun berikutnya,yaitu menyerang wilayah Syasy dan Farghanag hingga mencapai Khauqand pada tahun 94 H/712 M.

Beliau juga berhasil membuka Kota Kabul pada tahun 94 H/712 M,kemudian Kashgar (kini wilayah Turkistan Timur) pada tahun 96 H/714 M.Kabarnya perluasan sampai perbatasan Cina di tahun 96 H/714 M,menyerbu Cina, urkestan,dan juga merebut kasygar.

Panglima Islam ini berhasil meluaskan penaklukannya hingga wilayah-wilayah yang berada di antara dua sungai (wilayah yang dulu sebagian besar masuk wilayah Uni Soviet dan Afghanistan).Beliau melanjutkan misi militernya ini hingga sampai ke perbatasan Cina dan mewajibkan penguasa di sana untuk membayar jizyah.Hingga di sini Qutaibah bin Muslim berhenti melakukan ekspansi ke kawasan timur.Qutaibah bin Muslim berhasil membuka wilayah yang sangat luas.Luas wilayah taklukannya diperkirakan sekitar 4.000.000 kilometer persegi yang memanjang dari bagian tengah negeri Kaukaz membentang ke bagian selatan Laut Khazr.

Sementara itu,ke bagian utara meliputi Asia Tengah,ke timur bagian ke bagian Turkistan,dan ke barat ke Kabul (Afghanistan dan Sajistan).Wilayah Sind dan India.Yang disebut dengan Sind adalah provinsi Sind yang berada di negara Islam Pakistan saat ini.

Hajjaj bin Yusuf mengirimkan pasukan dalam jumlah yang sangat besar ke negeri itu di bawah pimpinan seorang panglima muda islam yang bernama Muhammad bin Qasim ats-Tsaqafi (saudara sepupu Hajjaj bin Yusuf sendiri).Panglima muda ini berhasil menorehkan kemenangan-kemenangan dan membunuh Dahir,Raja Sind.Beliau berhasil menduduki wilayah Sind antara tahun 93-94 H/711-714 M.Kemenangan ini merupakan kemenangan terbesar yang dicapai pada saat itu.Penyebab ekspedisi ini adalah adanya gangguan terhadap guberbur Arab oleh bajak laut dari Sind.Raja Sind,Dahir,menolak mengabulkan permintaan gubernur itu.Beberapa usaha dilakukan untuk menghukum raja di samping menghukum para bajak laut,tetapi semua usaha tidak berhasil hingga Muhammad bin Qasim dapat memulihkan prestise dan kehormatan gubernur Arab itu.

Beliau menyerang kerajaan Dahir.Dahir berusaha sekuat tenaga menyelamatkan negerinya dari kekuasaan asing,tetapi akhirnya dia kalah dan dibunuh.Kemudian Sind,Multan dan sebagian wilayah Punyab diduduki dan dijadiakan wilayah kerajaan Islam.Pasukan muslim juga membuat kemajuan besar pada waktu ini di Armenia dan Asia Kecil.Akan tetapi,semua penaklukan yang lain dari pemerintahannya menjadi pudar sebelum penaklukan Barat.Pada masa inilah pemerintahan islam mencapai wilayah yang demikian luas dalam rentang sejarahnya.

Khalifah Walid bin Abdul malik meninggal di Damaskus (kini wilayah Suriah) pada 23 Februari 715 pada umur 46/47 tahun),dan diganti oleh adiknya Sulaiman bin Abdul Malik.

Demikianlah Sejarah Klalifah Walid Bin Abdul Malik, sosok Khalifah Islam yang sangat luar biasa, dan patut untuk kita contoh dan jadikan sebagai tauladan

Teriamakasih atas kesudiannyanya berkunjung ke "blogwalking" ini, semoga sobat blogger Muslim mania tidak kapok untuk datang dan mampir di blog ini. karen apa?

"Bersilaturahmi itu dapat memanjangkan umur, dan memurahkan rizki"
Jika sobat semua memiliki pertanyaan, silahkan tinggalkan pesan di kotak komentar atau pada buku tamu yang sudah tersedia di blog ini ya, ^_^

JazakAllah Khairan Katsiran
Wassalamualaikum

Share this article :

2 komentar:

Abdul Kodir mengatakan...

karena sangat bermanfaat, jadi izin copas ya gan

mulyadi.SCH14 mengatakan...

Mas minta referensi nya

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Putra DCD | PGMI STAIN | Mediaalishlah | Premium Template | Metro | 2013
Copyright © 2013. blogwalking - Be The Best - Do The Best
Template Modify by Creating Website Inspiration Informstion
Proudly Present Andi Septiawan